Jumat, 04 Januari 2013

Makanan untuk Tulang yang Sehat

Untuk mendapatkan tulang yang sehat dan kuat, ada dua nutrisi kunci yang berperan, yaitu kalsium dan vitamin D. Kalsium mendukung struktur tulang dan juga gigi, sedangkan vitamin D berguna untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Jenis makanan tertentu dapat mempengaruhi tulang kamu, Ladies. Berikut ini adalah beberapa contoh makanan yang kaya akan kalsium, vitamin D dan nutrisi lainnya yang penting untuk kesehatan tulang dan kesehatan tubuh manusia termasuk wanita secara keseluruhan.

Yogurt
Sebagian besar orang mendapatkan vitamin D melalui paparan sinar matahari. Tetapi sebenarnya ada berbagai jenis makanan, seperti yogurt, yang kaya akan vitamin D. Mengonsumsi satu cangkir yogurt dapat menjadi cara untuk mendapatkan kalsium harian kamu.

Kacang-kacangan
Selain mengandung kalsium, kacang-kacangan juga mengandung magnesium, serat dan nutrisi lainnya, serta kaya akan zat yang disebut phytates. Phytates ini dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium yang terkandung dalam kacang-kacangan. Oleh karena itu, kamu bisa mengurangi tingkat phytates dengan merendam kacang-kacangan dalam air selama beberapa jam dan kemudian memasaknya di air tawar.

Sayuran hijau
Banyak sayuran, khususnya yang berwarna hijau, merupakan sumber kalsium. Contohnya adalah lobak hijau, sawi, kale, daun selada, seledri, brokoli, kol, labu, kacang hijau, kubis, asparagus, dan jamur crimini.

Kedelai
Makanan dari kedelai sangat kaya akan protein, dan mengonsumsinya juga merupakan salah satu cara untuk memenuhi asupan kalsium kamu. Orang dewasa rata-rata membutuhkan sekitar 1000 miligram kalsium setiap harinya. Satu cangkir kedelai mengandung 261 mg kalsium, ditambah 108 mg magnesium.

Susu
Kalsium penting untuk mendapatkan tulang yang kuat. Orang dewasa sampai usia 50 tahun memerlukan 1000 miligram kalsium per hari. Dimulai pada usia 51, wanita membutuhkan 1200 miligram kalsium setiap hari. Sumber kalsium yang paling baik adalah susu. Satu cangkir susu, baik itu susu skim atau susu rendah lemak memiliki kandungan 300 miligram kalsium.

Keju
Karena keju kaya akan kalsium, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya berlebihan, Ladies. 1,5 ons keju cheddar saja mengandung lebih dari 30% dari nilai harian kalsium kamu, jadi jangan sampai kamu mengonsumsinya secara berlebihan.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar