Jumat, 07 September 2012

Hati-Hati.Gemuk Rentan Diabetes!

 Berhati-hatilah dengan pola makan anda yang berlebihan karena hubungan obesitas dengan diabetes sangatlah erat. Pola makan yang tidak sehat, dalam artian mengkonsumsi makanan berlemak dan mengandung kadar gula tinggi dalam jumlah besar akan mengakibatkan obesitas atau kegemukan.
Setelah anda didiagnosis menderita obesitas, besar kemungkinannya anda terkena diabetes karena faktor utama penyebab diabetes adalah terdapatnya kadar gula yang tinggi dalam darah melebihi batasan wajar. Resiko selanjutnya anda akan terkena komplikasi penyakit yang berbahaya seperti jantung koroner.

Hubungan Obesitas dengan Diabetes Mengacu pada Jantung Koroner

Hasil penelitian dari beberapa ahli membuktikan bahwa ada hubungan yang bermakna antara obesitas dengan diabetes melitus terhadap resiko penyakit jantung koroner. Hal ini disebabkan oleh penderita diabetes melitus tipe 2 yang juga mengalami obesitas cenderung mengalami kerusakan pankreas yaitu terjadinya resistensi insulin. Resistensi insulin menyebabkan peningkatan resiko terkena jantung koroner sebesar 50-70%.

Hubungan Obesitas Dengan Diabetes Mengacu Pada Diabetes Melitus Tipe II

Selain beresiko terserang penyakit jantung koroner, obesitas yang juga terkait dengan diabetes memunculkan resiko terkena penyakit lain yaitu diabetes melitus tipe II. Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara obesitas atau kegemukan dengan penyakit diabetes bahkan hubungannya sangat erat. Hal ini mungkin terjadi karena pada penderita diabetes II insulin yang dihasilkan oleh pankreasnya tidak bekerja normal, komplikasi-komplikasi obesitas menyebabkan insulin-insulin tersebut tidak dapat membantu sel tubuh dalam menyerap glukosa. Karena insulin tidak dapat bekerja efektif dalam membantu penyerapan glukosa, pankreas akan berusaha menghasilkan lebih banyak lagi insulin. Jika berlangsung lama kinerja pankreas dalam menghasilkan insulin akan menurun, pada saat inilah penderita rentan terkena diabetes melitus tipe II.
Pada intinya tubuh yang obesitas itu tidak sehat. Kadar lemak yang tinggi dalam tubuh akan menyebakan berbagai macam penyakit serius yang perlu pengobatan yang cenderung mahal dan lama. Perlu diwaspadai bahwa saat ini obesitas dapat menyerang orang pada berbagai usia, baik muda maupun tua. Faktor utama terjadinya obesitas adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti pola hidup sedentary lifestyle dimana orang lebih suka berdiam diri dan banyak makan makanan mengandung lemak, gula, dan kolesterol tinggi, dan orang tidak suka banyak bergerak atau berolah raga. Jika anda terus hidup seperti ini anda akan menjadi kelebihan berat badan,
Ingatlah hubungan obesitas dengan diabetes sangatlah erat.
Yuk cegah diabetes sejak dini, perbaiki sarapan kita.
Call-085735829803

Tidak ada komentar:

Posting Komentar