Senin, 03 Desember 2012

Mengapa kita naik berat badan?

Saya akan berbicara lebih simpel dan sederhana. Apa yang terjadi pada diri kita dalam segi kesehatan, berat badan dan segala aspek kehidupan anda, sebagian besar adalah disebabkan karena KEBIASAAN anda dalam beberapa tahun kebelakang.
Sebagai contoh, orang yang memiliki masalah jantung koroner adalah disebabkan salah satunya karena kebiasaan merokok yang telah bertahun-tahun dilakukan. Yang artinya, orang tidak langsung terkena masalah jantung koroner hari ini karena menghisap satu batang rokok kemarin. Kalau kita merokok satu batang rokok kemudian langsung terkena jantung koroner, kita pasti akan berhenti merokok dengan segera.
Tapi sayangnya akibat dari kebiasaan kita biasanya tidak akan muncul untuk beberapa masa ke depan. Jadi orang merasa bahwa merokok hari ini nampaknya tidak akan menimbulkan masalah apa-apa untuk saat ini, dan akhirnya mereka menjadikan rokok sebagai kebiasaan. Sama halnya dengan berat badan atau kesehatan yang kita miliki saat ini.
Saya akan berikan gambaran mengapa anda naik berat badan.
Badan kita terdiri dari milyaran sel yang pada dasarnya setiap sel di dalam tubuh kita membutuhkan nutrisi atau gizi yang terbaik supaya bisa menjalankan fungsinya dengan baik pula (mirip seperti kalau anda punya mobil Mercedez Benz, anda akan memberikan bensin yang terbaik, oli yang terbaik dsb).
Tapi berbeda dengan mobil, badan kita tidak ada spare-part atau suku cadangnya. Kalau ginjal kita rusak, tidak ada orang yang jualan ginjal di toko.
Nah, kalau badan kita membutuhkan gizi yang tebaik, sekarang mari kita lihat apa yang kita makan sehari-hari. Apa yang kita makan sehari-hari biasanya:
  • Terlalu banyak Lemak.
  • Tinggi Kolesterol (kita semua suka apapun yang digoreng).
  • Terlalu banyak gula.
  • Terlalu banyak garam.
  • Terlalu banyak protein hewani.
  • Kurang Vitamin, mineral yang dibutuhkan tubuh.
  • Kurang air putih.
  • Mengandung karsinogen - zat yang timbul karena proses memasak seperti dibakar atau dipanggang. Zat ini yang dapat memicu timbulnya masalah seperti kanker.
  • Kurangnya Aktifitas.
Sekarang, mengapa kita makan makanan seperti diatas?
Kenyamanan
Sekarang sebagian besar orang tidak punya waktu untuk memasak. Kita lebih memilih makanan yang siap saji atau cepat saji yang biasanya sudah tidak memiliki kandungan gizi.
Rasa
Kita memilih makanan berdasarkan rasa. Bukan kandungan nutrisi. Sebagai contoh kita selalu tanya ke orang “restoran yang enak dimana ya?” bukannya “restoran yang bergizi dimana ya?” Makanan yang enak biasanya memiliki kadar nutrisi yang rendah.
Kita tidak tahu apa yang seharusnya kita makan
Ditambah lagi dengan faktor lingkungan seperti:
  • Buah-buahan dipetik sebelum matang yang membuat nilai nutrisinya belum sempurna.
  • Terlalu banyak pemupukan.
  • Pestisida.
  • Polusi.
Intinya adalah apa yang kita makan tidak memiliki keseimbangan nutrisi yang dibutuhkan. Dalam jangka panjang orang akan memiliki masalah dengan berat badan dan kesehatan.
Seperti yang dijelaskan oleh Badan Kesehatan Sedunia atau WHO, 70% kematian dini saat ini disebakan oleh masalah sepert diabetes, jantung, stroke, dan kanker. Lebih jauh, WHO mengatakan kalau 50% penyebabnya adalah nutrisi yang buruk atau lebih simpelnya adalah makanan yang kita makan sehari-hari.
Jadi seperti yang saya katakan, keadaan anda saat ini adalah karena kebiasaan anda selama bertahun-tahun anda lakukan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar